Selasa, 04 April 2017

Resume Buku Outbond Manajemen Training

Resume Oubond Manajemen Training
Penulis: Djamaluddin Ancok, Ph. D.
UII Press, Yogyakarta, 2002.



Oleh: Viki Adi Nugroho

Bab 1
Pelatihan Managemen di Alam Terbuka (Otbond Manajemen Training)
A.    Sejarah OMT
Sudah ada sejak zaman Yunani kuno. Pendidikan melalui kegiatan alam terbuka mulai 1821 saat didirikan Round Hill School, secara sistematik dimulai 1941 di Inggris oleh Kurt Hahn berkerja sama dengan Lawrence Holt, membangun pendidikan berdasarkan petualangan, menggunakan kapal kecil disertai tim penyelamat dengan tujuan menumbuhkan kesadaran kaum muda bahwa tindakan mereka berkonsekoensi, menumbuhkan kebersamaan, dan kasih sayang. Setelah sukses dengan program itu dan pasca perang dunia II, pendidikan ini berkembang di Inggris, Eropa, Afrika, Asia, dan Australia.pelatihan ini banyakj digunakan di militer untuk menyiapkan perang dalam menghadapi situasi sulit, selain itu juga digunakan dalam konsep manajemen, baik organisasi, perusahaan, dsb. Banyak pula digunakan di dunia pendidikan seperti dengan maraknya metode Quantum Learning. Juga digunakan dalam terapi kejiwaan dan terapi keluarga.
B.     Alasan penggunaan OMT
Dalam pelatihan dan pengembangan SDm, pelatihan ini banyak digunakan.karena efrektif di dalam membangun pemahaman terhadap sesuatu konsep dan membangun perilaku. Ada berbagai alasan: metode ini adalah sebuah simulasi kehidupan komplek menjadi sederhana, metode ini menggunakan pendekatan metode belajar melalui pengalaman (experiental learning), metode ini penuh kegembiraan karena dilakukan dengan permainan.
C.    Metodologi OMT
Proses belajar yang efektif akan menggunakan tahap:
1. Tahapan pembentukan pengalaman, peserta dilibatkan dalam permainan agar menemukan pengalaman intelektual, emosional, dan fiskal. Setelah itu masuk pada tahap pemaknaan, namun agar pelatihan sesuai kebutuhan maka perlu diadakan penelitian pendahuluan terlebih dahulu (training need assasement). Adapaun tahapan: penyusunan kebutuhan pelatihan, penyusunan jenis aktivitas, penyususnan urutan aktivitas.
2. Tahapan perenungan pengalaman, dilakukan untuk memproses pengalaman yang diperoleh daari kegiatan yang telah dilakukan, yaitu refleksi pengalaman pribadi, baik secara intelektual, emosional, dan fiskal. Bisa dilakukan dengan membuat lingkaran dan fasilitator di tengah.
3. Tahapan pembentukan konsep, tahapan ini ialah mengaitkan apa yang didapatkan dalam permainan ke dalam kerja manajemen nyata.
4. Pengujian konsep, ialah kelanjutannya, peserta diajak untuk merenungkan dan mendiskusikan sejauh mana konsep yang terbentuk dalam tahapan tida, dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
D.    Peranan asilitaor Pelatihan
Suksesnya OMT akan sangat berkaitan dengan fasilitator. Syarat: 1. Memiliki kompeten dalam bidang ilmu manajemen, ilmu psikologi, dan dinamika kelompok, 2. Memahami rancangan permainan untuk mengungkap perilaku manajemn, 3. Memiliki kemampuan observasi, dan kemampuan komunikasi yang baik, 4. Menarik dan berwibawa (pendidikan yang memadai, kepribadian yang menarik, dan memiliki sense of humor yang baik), 5. Menguasai masalah teknis pelatihan termasuk masalah safety.
Bab II
Penggunaan Kegiatan OMT dalam Perusahaan
A.    Pengembangan Tim (team Biulding)
Dua tipe penggunaan, pengembangan kemampuan di manajemen organisasi dan pengembangan diri. Keduanya untuk pengembangan organisasi. Perusahaan atau organisasi untuk mencapai sukses ditentukan oleh kerjasama antar sesama anggota perusahaan, untuk mempercapat pengambilan keputusan, kini organisasi banyak yang menggunakan strukturnya berdasarkan tim kerja. Pola kerja yang individu harus diubah menjadi pola kerja tim dengan pendekatan lintas fungsi yaitu dari orientasi tugas menjadi orientasi proses, sehingga dalam proses ini dituntut untuk bekerja bersama.
Sebuah tim harus punya visis sama, pola gerak sama, dan saling ketergantungan. Tim yang sinergik adalah tim yang mampu menciptakan nilai tambah dan perbedaan yang ada diantara anggota tim.
B.     Pengembangan Kepemimpinan (leadership)
Kesuksesan organisasi sangat tergantung pemimpinnya, seberapa besar ia mampu menggerakkan bagian bawahnya. semakin kesini tantangan semakin komplek, kalau dulu mampu mengandalkan individu-individu, maka sekarang harus bekerja dalam sebuah tim, maka pemimpin akan sangat berpengaruh dalam hal kesuksesan. Pemimpin harus mengembangkan tim agar padu dan efektif, mewujudkan nya pun bukan dengan paksaan, namun dengan mengembangkan dialog, sehingga tim merasa dianggap milik besama.pemimpin juga harus tau tentang tata krama dan budaya kerja, dan dapat mengambil tindakan tepat untuk memfasilitasi baik intra maupun antar tim. Perusahaan harus berkembang menjadi organisasi yang lebih fleksibel apalagi di zaman yang penuh dengan perubahan seperti ini, pemimpin harus mampu membaca situasi, mengarahkan, dan bersifat luwes dan tidak kaku. Perusahaan harus mampu menjadi organisasi belajar.kompetensi individual harus dipertemukan dengan kompetensi tim untuk terus berkembang. Kepemimpinan yang sinergistik sangat dibutuhkan, dimana perbedaan yang ada sehausnya dikelola untuk memajukan perusahaan.
C.    Penegembangan Budaya Organisasi (Culture Development)
Majunya organisasi didorong oleh budaya organisasi yang kuat, terlihat dari perilaku anggota perusahaan, serta kebiasaan yang berjalan di perusahaan yang mempengaruhi, kinerja perusahaan. Budaya kerja adalah suatu sistem makna yang terkait dengan kerja, yang disepakati bersama, dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kualitas dan karakteristik budaya inilah yang akan menentukan besar kecilnya semangat anggota untuk memunculkan dan memanfaatkan potensi mereka untuk berkontribusi pada proses kinerja perusahaan. Budaya kuat ini perlu untuk dilakukan baik terhadap karyawan,pelanggan, pemegang saham, dan sebagainya.karena ini akan meningkatkan effektifitas kesuksesan perusahaan. Budaya perusahaan juga harus senantiasa terbuka, tidak menutup diri, sehingga mampu melihat peluang ke depan.
D.    Pengelolaan Perubahan (Managing Change)
Jika perusahaan tidak sensitif dengan adanya perubahan dan tetap mempertahankan cara lama, pola pikir lama, maka dipastikan perusahaan akan mundur dan ketinggalan bahkan hilang keberadaannya. Pelatihan di alam ternuka akan sangat efektif untuk mensimulasikan perilaku yang tidak produktif yang akan membuat perusahaan menjadi maju.
E.     Perencanaan Strategik (Strategic Planning)
Perencanaan strategik sebuah perusahaan bermula dari kegiatan penelaahan terhadap faktor peluang dan ancaman yang berada dalam lingkungan strategik bisnis, dalam aspek teknologi, kompetisi, globalisasi, hukum, HAM,  dan sebaginya. Kemudian setelah itu merumuskan visi baru yang akan diterjemahkan pada kegiatan perusahaan. Untuk membentuk visi yang jelas, pihak manajemen harus mempertanyakan sbb: apakah misi dan tujuan perusahaan saat ini? Apakah manfaat perusahaan bagi masyarakat? Apakah ciri industri dan kerangka kerja institusional di mana perusahaan anda beroperasi?apakah perusahaan anda di dalam industri atau di struktur institusi yang anda masuki? Hal-hal apakah yang harus anda lakukan agar perusahaan anda maju dan berkembang?
F.     Pengembangan Diri (Personal Development)
Kemampuan diri pekerja perusahaan dalam era perubahan dengan tingkat turbulensi yang tinggi meliputi kemampuan seperti berikut: berfikir ke depan, manajemen strategi, kepemimpinan, hubungan interpersonal, komunikasi efektif, memotivasi diri dan orang lain, pengelolaaan diri.
Bab III
Penerapan Outbond Management Training untuk Pembentukan Budaya Perusahaan suatu studi kasus
A.    Filosofi program OMT pengembangan Budaya Organisasi
OMT adalah suatu program pelatihan manajemen di alam terbuka yang berdasinsip experiental learning (belajar melalui pengalaman langsung) yang disajikan dalam bentuk permainan, simulasi, diskusi, dan petualangan sebagi media penyampaian materi. Dengan langsung terlibat dalam aktivitas (learning by doing) peserta akan segera mendapat umpan balik tentang dampak dari kegiatan yang dilakukan sehingga sebagai bahan pengembangan diri masing-masing pegawai di amsa mendatang.
B.     Outbond management sebagai upaya membangun budaya kerja baru
Perubahan budaya baru ini berdasarkan pada kebutuhan organisasi lama ke oragnisasi baru.
C.    Persyaratan sukses program outbond
Ciri outbond adalah membentuk  dan membangun kepemimpinan dan budaya kerja baru, maka program outbond harus dilaksanakan di luar lingkungan kerja.
D.    Tujuan pelatihan OMT
Meningkatkan kemampuan pegawai untuk bekerja dalam tim, meningkatkan motivasi dan keyakinan diri pegawai akan kemampuan diri serta mampu berpikir kreatif, meningkatkan kebersamaan dan rasa saling percaya, serta penyegaran dan memecahkan kekakuan birokrasi.
E.     Sasaran Program OMT
Sasaran: pengembangan berbagai komponen perilaku pegawai guna menunjang kelancaran pelaksanaan tugas sehari-hari.
F.     Metode Pelatihan
Metode: permainan kelompok, kerja kelompok, petualangan individual, ceramah (keterkaitan antara kegiata simulasi dengan prinsip manajemen), diskusi (refleksi kegiatan).
G.    Peserta Pelatihan
Anggota kelompok kerja alamiah yaitu para pegawai yang berada di satu seksi/ bidang. Kelompok terkait yang memiliki hubungan kerja yaitu para pegawai di seksi/ bidang terkait yang memiliki hubungan pekerjaan (lintas seksi/ lintas bidang).
H.    Jadwal
I.       Contoh jenis kegiatan
1.      Fase persiapan: a. Sdretching, b. Pendinginan (gerakan kepala, gerakan bahu, gerakan pinggang, gerakan kombinasi, penutup)
2.      Kegiatan (games/ excercise): a. All stand up (berdiri bersama), b. Frantic balloon, c. Train ballon, d. Ball tossing, e. Human Ladder, f. Air Bridge (jembatan udara), g. Trust fall, i. Spider web (sarang laba-laba), j. Titanic (kapal tenggelam), k. Tembok pendek, l. Pipa/ drum bocor, m. Bangun rakit, n. Touch my ball (sentuh bola saya), o. Bierthday line up, p. Changing name, q. Solo.
J.      Observasi perilaku peserta selama pelatihan
Hal-hal yang perlu diamati dari setiap peserta selama mengikuti games ialah: keterlibatan dalam kelompok, keaktifan/ peran serta peserta, kemampuan mengendalikan, emosi/ stress, kemampuan meyakinkan orang lain, kemampuan menciptakan sinergi, kemampuan mendistribusikan pekerjaan, kemampuan mengoptimalkan alokasi sumber daya yang dimiliki, respon/ antusias terhadap challenge, mau/ tidak mau memahami orang lain, strategi dalam menghadapi konflik, reaksi apabila gagasannya ditolak.
Bab IV
Beberapa Acuan Pengetahuan Manajemen
A.    Perubahan lingkungan dan perubahan perusahaan
Ciri kehidupan saat ini ialah cepatnya berubah terutama bergesernya paradigma kehidupan, dimana dalam melihat kondisi kehidupan di masa depan sulit untuk ditebak dan sulit untuk stabil (unpredictable). Dengan menghadapi situasi ini maka orang harus proaktif, tidak bisa menungu-nunggu.
B.     Lingkungan baru perusahaan
Perubahan yang sangat besar terjadi dalam dunia teknologi dan informsi, dimana sudah tidak ada lagi ikatan ruang dan waktu. Ini sangat merubah pola kehidupan dan menimbulkan paradigma baru seperti:
Ekonomi baru nerupakan ekonomi pengetahuan,ekonomi baru adalah ekonomi yang virtual, ekonomi baru merupakan ekonomi inovasi, ekonomi baru yang melibatkan konsumen dalam perancangan produk dan jasa, ekonomi baru adalah ekonomi yang saling tergantung (integration/ internetworking).
C.    Siklus kehidupan perusahaan dan perubahan
Perusahaan memiliki siklus hidup seperti makhluk hidup, muai dari fase lahir, berkembang, dewasa, kemunduran, kematian, kelahiran kembali, dst. Perusahaan harus beradaptasi pada lingkungan bisni, paradigma lama sudah tidak lagi cocok untuk menyelesaikan masalah-masalah baru.
D.    Organisasi baru dalam era perubahan
Perusahaan kelas dunia
Kemampuan organisasi untuk tumbuh menjadi kelas dunia menuntut adanya kejelasan konsep bagaimana organisasi itu harus dibangun. Ada tiga ciri: konsep, kompetensi, dan koneksi.
Selain itu juga ahrus memiliki: kredibilitas dan kepedulian.
E.     Ciri organisasi model lama
1.      Sangat banyak jenjang dan berbentuk piramida tinggi akibatnya keputusan yang diambil menjadi sangat lambat
2.      Organisasi yang batas antar unitnya sangat tebal. Akibatnya masing-masing kotak dalam unitnya menumbuhkan semangat egoisme pada unit masing-masing.
3.      Berorientasi peraturan dan pengawasan, sehingga organisasi menjadi sangat kaku dalam kegiatannya.
F.     Hubungan antar modal manusia dan ciri perusahaan kelas dunia
Organisasi dengan ciri diatas akan sangat mengganggu kecepatan organisasi dalam beradaptasi pada perubahan lingkungan. Banyak sumber daya yang seharusnya dipakai bersama-sama menjadi tidak optimal. Sifat egoist yang tumbuh akan memperlambat pengambilan keputusan, keterlambatan ini akan melemahkan semangat dan kalah saing. Kendala yang lain adalah budaya perusahaan, pemimpin masih belum melihat karyawan sebagai pelanggan, juga kuatnya aturan yang kaku dalam organisasi, sehingga membuat karyawan tidak merasa semangat atau enjoy.
G.    Manusia yang diperlukan dalam era perubahan
Milenium ketiga ini masa ynag memberi banyak tantangan dan peluang. Untuk menghadapi hal ini manusia harus menghadapinya bersama-sama denagn memiliki visi misi dan value yang sama. Dimana menurut ahli miloenium ketiga ini merupakan gelombang keempat, dimana gelombang pertama ialah era pertanian, gelombang kedua era industrialisasi, gelombang ketiga era informasi, dan gelombang keempat inilah era yang ditandai dengan semakin intensifnya pemanfaatan teknologi komputer dan semakin canggihnya perangkat teknologi informasi.
H.    Manusia yang sukses menjalankan perusahaan
Berapa besarnya modal, canggihnya teknologi yang dipakai, betapa bagusnya perencanaan strategik sebuah perusahaan tidaklah berarti apa-apa apabila tidak dikelola oleh manusia yang berkualitas yang menjalankan perusahaan tersebut. Tidak heran banyak perusahaan besar yang menempatkan pengembangan manusia dalam prioritas yang paling penting.
I.       Aspek manusia unggul
Ada empat jenis kapital yang diperlukan untuk memasuki milenium ketiga ini: intelektual, sosial, lembut dan etikal. Diharapkan memunculkan orientasi kita bukan saya.
Bab V
Pengelolaan kelembagaan pusat OMT
a.      Kegiatan fisik
Meliputi pengadaan, pemeliharaan/ perawatan dan pengoperasian fisik bangunan, peralatan training maupun aktivitas lainnya yang berkaitan dengan kegiatan outbond dan daaerah resor (lokasi pelatihan).
b.      Kegiata non fisik
Kegiatan ini meliputi kegiatan yang ditujukan untuk memperlancardan mempermudah pemakaian secara fisik, baik untuk sarana pelatihan maupun rsor. Mencakup mekanisme kerja (sistem dan prosedur) penggunaan fasilitas pelatihan dan resor, pengadaan sarana penunjang lainnya serta pengelolaan sistem pengamanan dan perparkiran.
Manajemen yang diperlukan: pengelolaan aktivitas kegiatan, manajemen properti (pengadaan barang, pemeliharaan, pengoperasian), pengelolaan sumber daya manusia.
Aktivitas yang dikelola, adapun kegiatan pengelolaan dapat diklasifikasikan sebaga berikut: event organizer, food and beverage, maintenance and engineering, budget and accounting cintrol, laundry and housekeeping, security, safety, and parking.
Tenaga staff: tenaga instruktur dan tenaga administrasi.
Bab VI
Model Organisasi Outbond
OB UII merupakan sebuah metode penegmbangan diri melalui pengalaman sebagai salah satu bentuk aktivitas luar ruang yang penuh dengan kegembiraan dan tantangan. Efektivitas pelatihan dicapai dengan 5 tahap proses: aksi, diskusi, refleksi, perencanaan, perbaikan, dan implementasi.
A.    Visi dan sarana OB UII
Visi: pembangunan sunber daya manusia yang bertakwa, tangguh, dan bermartabat dengan berlandaskan pada lima nilai utama: agama, profesionalisme, inovasi, patriotisme dan cinta alam. Sasaran: Pengembangan dan pemberdayaan sumber daya manusia.
B.     Pilar materi
Pilar profesionalisne, dan kecintaan pada Tuhan dan semua ciptaannya, dan rasa nasionalisme.
C.    Manfaat pelatihan
Bagi individu dan instansi.
D.    Desain materi
Materi kegiatan luar ruang didesain untuk mengantisipasi perubahan lingkungan pada masa depan yang diperkirakan akan terjadi dengan akselerasi yang begitu pesat sehingga menuntut manajemen untuk bersikap proaktif.
E.     Fasilitator
Djamaludin Ancok, Suwarsono Muhammad, Budi Sudjiono, Sunardji Daromi, Supardi, Syafaruddin Alwi, Achmad Sobirin, Al Hasin, Anas Hidayat.
F.     Aktivitas
Berjalan kaki di sepanjang jalan setapak pegunungan, pantai, menyeberang sungai, mendaki gunung, dan sebagainya.
G.    Lokasi

Sarangan yang terletak di lereng tenggara Gunung Lawu (pusat), ada juga di pegunungan menoreh, gunung merapi dan pantai selatan.

1 komentar: